Cara Memotong Shape di Adobe Illustrator Tanpa Pathfinder

Tutorial cara mudah memotong shape di Adobe Illustrator tanpa Pathfinder
Shape Builder Tool

Adobe Illustrator merupakan software pengolah vector. Didalam Desain Grafis memang terdapat dua 2 jenis desain, yakni Bitmap dan Vector. Vector adalah desain yang terbentuk dari shape, garis, yang sistematis. Di dalam Illustrator sendiri, cara untuk memotong, menggabungkan, memisah shape, caranya cukup banyak. Tapi kali ini mimin sharing cara termudah tanpa menggunakan Pathfinder.

Vector dan Bitmap memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, salah satunya adalah Vector tetap halus saat di zoom sedangkan Bitmap bila di zoom akan pecah.

Apa tool yang akan digunakan?

Nama tool yang akan kita gunakan untuk tutorial ini adalah Shape Builder Tool, tekan tombol CTRL + SHIFT + M pada keyboard. Shape Builder Tool berfungsi untuk membangun objek baru melalui proses pemotongan atau penggabungan 2 objek atau lebih yang bersinggungan. Tool ini tuh benar-benar mudah, kalian tinggal gosok aja di persinggungan antar shape, nanti shape itu akan terpotong dan bisa juga tergabung. Okee langsung aja ikuti langkah-langkah di bawah.

Cara menggunakan shape builder tool

Buat dua lingkaran yang bersinggungan, kemudian klik shape builder tool (CTRL + SHIFT + M). Lalu perhatikan cara menggabungkan dan memotong nya di bawah ini.

1. Menggabungkan

Untuk menggabungkan shape tinggal di gosok aja, nanti setelah di gosok, kedua shape itu akan langsung tergabung.

shape builder tool menggabungkan


b.Memotong

Untuk memotong shape, kamu harus menekan tombol ALT pada keyboard > lalu baru mulai digosok. Ingat yaa, tekan ALT untuk memotong.

shape builder tool memotong


Itu dia sedikit tutorial dari saya. Semoga bermanfaat yang guys. Kunjungi juga instagram kami @dekgrafis untuk melihat lebih banyak update seputar dunia desain.